Edukasi komunitas kedua di bulan April kali ini di Museum Sonobudoyo mengangkat tema ‘How to Attract People to Visit Museum: Lesson Learn from the Netherlands’. Narasumber yang diundang pada kesempatan ini yaitu Coco Druivendoor (Belanda) dan Dr. Sumbo Tinarbuko (dosen Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia Yogyakarta).
Coco Druivendoor menjelaskan tentang bagaimana museum di Belanda membuat inovasi yang seru untuk menarik minat warganya masuk ke museum. Setelah itu pemaparan dari Dr. Sumbo Tinarbuko yang menyatakan 3 kunci penting dalam rebranding sebuah museum yaitu: 1) Kolaborasi dengan kampus/ universitas, komunitas, media massa, pemerintah, dan pengusaha. 2) Menciptakan konsep yang sinergi dan berkesinambungan. 3) Proses komunikasi yang efektif dengan komunitas atau masyarakat luas.
Kegiatan kali ini melebihi kuota yang ditentukan dari awalnya kuota cuma 30 peserta menjadi 50 peserta. Semoga semua elemen mendapatkan manfaatnya dari kegiuatan tersebut.